v
PERBEDAAN KEKUASAAN DAN WEWENANG
Kekuasaan adalah kemungkinan seorang pelaku
mewujudkan keinginannya di dalam suatu hubungan sosial yang ada termasuk dengan
kekuatan atau tanpa mengiraukan landasan yang menjadi pijakan kemungkinan itu.
Wewenang merupakan hak jabatan yang sah untuk
memerintahkan orang lain bertindak dan untuk memaksa pelaksanaannya. Dengan
wewenang, seseorang dapat mempengaruhi aktifitas atau tingkah laku perorangan
dan grup.
Sumber kekuasaan terdiri dari harta benda,
status, wewenang legal, charisma, dan pendidikan. Selain itu unsur kekuasaan
juga berpengaruh yaitu meliputi: rasa takut, rasa cinta, kepercayaan, dan
pemujaan. Lapisan kekuasaan yaitu tipe kata, tipe oligarkis, dan tipe
demokratis.
v TEKNIK-TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN.
v TEKNIK-TEKNIK PENGAMBILAN KEPUTUSAN.
1.
Teknik –teknik kreatif
Tipe pendekatan ini mencoba untuk memanfaatkansemua
hal yang tersedia untuk membantu individu dalam pengambilan keputusan kreatif.
Ada dua teknik dalam kelompok teknik kreatif (
Brainstorming dan Synectics).
· Brainstorming, teknik ini berusaha untuk
menggali dan mendapatkan kreatifitas maksimum dari kelompok dengan memberikan
kesempatan para anggota untuk melontarkan ide-idenya.
· Synectics,didasarkan pada asumsi bahwa proses kreatif
dapat dijabarkan dan diajarkan, dan dimaksudkan untuk meningkatkan
keluaran (output) kreatif individual dan kelompok.
2.
Teknik-teknik partisipatif
Partisipasi sebagai suatu teknik berarti bahwa
individu-individu atau kelompok-kelompokdilibatkan dalam proses pengambilan
keputusan.
Teknik-teknik partisipatif dapat diterapkan secara
informal dengan basis individual atau kelompok atau dengan basis program
formal. Teknik-teknik partisipasi individual adalah berbagai teknik dengan mana
bawahan entah bagaimana mempengaruhi pengambilan keputusan atasan. Sedangkan
Partisipasi Kelompok menggunakan teknik-teknik konsultatif dan Demokratik.
3.
Teknik-teknik Pengambilan keputusan Modern
Dalam era computer sekarang ini . berbagai metode
kuantitatif untuk pengambilan keputusan telah sangat berkembang.
Teknik-teknik Modern yang akan dibahas berikut
adalah
·
Teknik Delphi. Meskipun Delphi
pertama kali dikembangkan oleh N. C. Dalkey dan rekan-rekannya dalam tahun
1950, baru pada decade sekarang menjadi terkenal sebagai suatu teknik untuk
membantu pengambilan keputusan-keputusan yang mengandung esiko dan
ketidakpastian, missal forecasting jangka panjang.
·
Teknik Kelompok Nominal, suatu teknik modern
lain yang berhubungan erat dengan Delphi adalah teknik kelompok nominal
(nominal group technique) atau sering disebut proses pengambilan keputusan
kelompok NGT.
v UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
1.
Sumber
Sumber adalah dasar yang digunakan dalam
penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri.
Sumber dapat berupa orang, lembaga, buku, dokumen dan sejenisnya.
2.
Komunikator
Dalam komunikasi, setiap
orang atau kelompok dapat menyampaikan pesan-pesan komunikasi itu sebagai suatu
proses dimana komunikator dapat menjadi komunikan, sebaliknya komunikan dapat
menjadi komunikator.
1. Penampilan
Khusus dalam komunikasi
tatap muka atau yang menggunakan media pandang dengan audio visual, seorang
komunikator harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan komunikan.
2. Penguasaan Masalah
Seseorang yang tampil atau
ditampilkan sebagai komunikator haruslah betul-betul menguasai masalahnya.
3. Penguasaan Bahasa
Komunikator harus menguasai
bahasa dengan baik, bahasa ini dapat dimengerti oleh komunikan. Komunikator
mutlak menguasai istilah-istilah umum yang digunakan oleh lingkungan tertentu
atau khusus. Penguasaan bahasa akan sangat membantu menjelaskan pesan-pesan
yang ingin kita sampaikan kepada audience itu.
Keefektifan komunikasi tidak hanya ditentukan oleh kemampuan berkomunikasi tetapi juga oleh kemampuan diri si komunikator.
Keefektifan komunikasi tidak hanya ditentukan oleh kemampuan berkomunikasi tetapi juga oleh kemampuan diri si komunikator.
3.
Komunikan
Komunikan manusia ia berakal budi komunikator ditunjukan. kepada siapa pesan Komunikator disebut juga penerima.
Komunikan manusia ia berakal budi komunikator ditunjukan. kepada siapa pesan Komunikator disebut juga penerima.
4.
Pesan
Pesan adalah keseluruhan
dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan ini mempunyai inti dari pesan
yang sebenarnya menjadi pengarah didalam usaha mencoba mengubah sikap dan
tingkah laku konsumen.
1.
Penyampaian Pesan
Melalui Lisan, face to face, melalui media dsb.
2. Bentuk Pesan
• Informatif
• Persuasif
• Koersif
5.
Channel atau Saluran
Chanel adalah saluran penyampaian pesan, dapat
disebut juga dengan media. Media dapat dikategorikan dalam dua bagian yaitu
media umum dan media massa. Media umum digunakan oleh segala bentuk komunikasi.
Media Massa digunakan untuk komunikasi massa.
6.
Komunikasi
Komunikasi dapat digolongkan
menjadi 3 jenis yaitu personal, kelompok dan massa.
Dari sasarannya dapat di arahkan kedalam komunikasi personal, kelompok dan komunikasi massa.
Dari sasarannya dapat di arahkan kedalam komunikasi personal, kelompok dan komunikasi massa.
a.
Komunikasi Personal
Komunikasi yang ditujukan kepada satu orang saja(tunggal).
b.
Komunikasi Kelompok
Komunikasi yang ditujukan kepada kelompok tertentu.
c.
Komunikasi Massa
Komunikasi yang ditujukan kepada massa atau komunikasi
yang menggunakan media massa.
7.
Efek
Efek merupakan hasil akhir
dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidaknya
dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku sesuai maka
komunikasi itu berhasil. Efek ini dapat dilihat dari personal opinion, publik
opinion dan majority opinion.
1.
Personal Opinion
Pendapat pribadi, hal ini merupakan akibat atau hasil
yang diperoleh dari komunikasi. Ini merupakan pendapat seseorang terhadap suatu
masalah tertentu.
2. Public Opinion
2. Public Opinion
Pendapat umum, merupakan penilaian sosial mengenai
sesuatu yang penting dan berarti atas dasar pertukaran pikiran yang dilakukan
secara individu secara sadar.
3. Majority Opinion
3. Majority Opinion
Merupakan pendapat sebagian besar dari masyarakat
umum.
Sumber :
Terima kasih ya
BalasHapus